Tuesday, April 19, 2016

Contoh Proposal Kegiatan Terbaru 2016

Pada praktik pembuatan Proposal Kegiatan, unsur-unsur yang disebutkan di atas tidak berlaku mutlak, baik isi, jumlah, maupun urutannya. Seorang penyusun proposal dapat menambah atau mengurangi unsur tersebut secara fleksibel menurut kebutuhan. Coba perhatikan! Berikut ini merupakan contoh penulisan proposal yang sederhana, namun representatif dalam penyusunannya.

I. Dasar Pemikiran
A. Pembelajaran di sekolah bukanlah satu-satunya bekal bagi siswa untuk terjun ke tengah masyarakat setelah menyelesaikan studinya nanti. Salah satu alternatif yang perlu dipahami adalah mencari wawasan dan terjun langsung ke tengah aktivitas masyarakat yang mempunyai korelasi dengan ilmu yang sedang dipelajari siswa bersangkutan.
B. Setiap perkembangan di sekitar selalu menuntut siswa untuk tanggap dan peka terhadapnya. Oleh sebab itu, selayaknya siswa memahami segala fenomena yang muncul di tengah masyarakat. Dengan cara ini siswa semakin bertambah wawasan pengetahuan dan penalaran karena siswa dapat membandingkan teori di sekolah dengan dunia nyata.
C. Pembelajaran di sekolah merupakan pembentuk pikir siswa. Dengan bekal tersebut, siswa dapat mengadakan komparasi dengan fenomena di sekitarnya dan menganalisis secara logis.
D. Siswa perlu mengenal dan mencintai objek wisata dan lingkungan hidupnya.
E. Siswa perlu saling mengenal dan memupuk tali persaudaraan yang satu dengan yang lainnya, terutama warga OSIS SMU Budya Wacana Yogyakarta.

Proposal Kegiatan

II. Bentuk Kegiatan
Sesuai dengan nama Proposal Kegiatan ini, yaitu Studi Wisata, kegiatan ini menekankan pada studi lapangan. Kegiatan ini berorientasi pada studi 60 % dan wisata 40%.

III. Tujuan
A. Meningkatkan wawasan, kemampuan, kesadaran, dan rasa cinta siswa terhadap permasalahan empiris di lingkungan hidupnya.
B. Menambah wawasan daya nalar siswa setelah menghadapi fenomena di sekitarnya.
C. Menambah wawasan pola pikir siswa untuk mengadakan inovasi terhadap lingkungan. Meningkatkan kerja sama antarsiswa dalam menangani permasalahan.

IV. Sasaran dan Ruang Lingkup
Arahan yang dituju adalah peningkatan kualitas warga OSIS, oleh sebab itu kegiatan ini membatasi pesertanya. Peserta yang diharapkan ikut terlibat adalah semua warga OSIS SMA Budya Wacana Yogyakarta, pembina OSIS, dan guru pendamping.

V. Waktu dan Tempat Kegiatan
Waktu pelaksanaan: tanggal 28 - 30 Desember 2007 (waktu tersebut merupakan liburan semester sehingga diharapkan tidak mengganggu proses belajar mengajar. Adapun tempat kegiatan yaitu Lokasi Objek Wisata Kaliurang dengan metode pelaksanaan sebagai berikut:
1. mengunjungi dan mengamati secara langsung objek wisata Kaliurang dengan meneliti habitat maupun ekosistem yang ada,
2. diskusi hasil pengamatan,
3. ceramah dan pengarahan guru pendamping.

VI. Penyelenggara
Pelindung : Dra. Yohana Sri Kadarwati (Kepala Sekolah)

Guru Pendamping :
1. Suharto Yustinus Edyst, S.TP.
2. Drs. Heru Marmantyo

Ketua : Lukas Gunawan
Sekretaris :
I. Mustika K.
II. : Lelo Deos Santos M.

Bendahara :
I. Ferni Sumaela
II. : Vivi Marisa Rambing

Koordinator dan Seksi :
1. Akomodasi : Eriko Herdian Basuki
2. Acara : Rukmono Oky
3. Dokumentasi : Asimido
4. Transportasi : Hanto

VII. Anggaran Biaya
Panitia pelaksana akan menggali beberapa sumber dana. Diharapkan semua dana tersebut dapat mencukupi semua kebutuhan kegiatan. Sumber dana yang dimaksudkan antara lain:
1. dana yang dihimpun panitia dari semua peserta,
2. dana dari donatur,
3. dana dari sponsor,
4. dana subsidi dari sekolah.

VIII. Penutup
Panitia yakin bahwa rencana kegiatan ini akan terlaksana dengan baik dan lancar apabila mendapat dukungan dan kerja sama dari luar, baik dukungan yang bersifat moral, material, maupun spiritual. Oleh sebab itu, panitia selalu berharap atas dukungan dan kerja sama para calon peserta, donatur, sponsor, dan segenap jajaran yang ada di SMA Budya Wacana Yogyakarta.

Selengkapnya silahkan lihat di http://www.antarapost.com/2016/04/contoh-proposal-kegiatan-sekolah.html

No comments:

Post a Comment